Toni Antonio Health Blog

Jangan menunggu sakit untuk sehat

Kandungan spirulina

Kandungan spirulina

Spirulina diakui sebagai salah satu makanan paling kaya di planet ini. Manfaatnya banyak dikaitkan dengan komposisi luar biasa - jadi apa yang terbuat dari spirulina? Algorigin menjelaskan.

Protein

Protein adalah blok pembangun otot dan berada di urutan kedua setelah air dalam persentase persentase komposisi tubuh kita - air membentuk hampir 62% dari berat badan kita, diikuti oleh protein sebesar 17%. Mereka juga menyediakan landasan bagi banyak proses metabolisme (misalnya, respon imun dan perbaikan sel) dan merupakan sejumlah besar enzim dan hormon .

Setiap protein terdiri dari sekuens menggunakan 20 asam amino, dengan cara yang sama bahwa kata terdiri dari urutan dari 26 huruf alfabet.

Asam amino ini bisa disediakan oleh diet seseorang atau diproduksi oleh tubuh - namun, ada sesuatu yang tubuh tidak dapat hasilkan. Ini disebut " asam amino esensial " - ada 8 asam amino yang penting untuk orang dewasa dan 10 untuk anak-anak. Protein hewani menyediakan semua asam amino esensial ini dalam diet modern yang khas; protein nabati individu, bagaimanapun, tidak lengkap.

Hilangnya asam amino menjadi faktor pembatas berkaitan dengan produksi protein yang menggunakannya - sehingga, dalam jangka panjang, kekurangan asam amino esensial memiliki efek yang sama seperti proteaseefisiensi. Karena itu penting untuk memvariasikan sumber protein nabati seseorang, untuk mengambil semua asam amino esensial.

Spirulina sangat kaya protein ( 60-70% dari berat keringnya) [1] nilai biologis tinggi, mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh orang dewasa dan anak-anak. Membran Spirulina mudah larut oleh asam lambung, yang memastikan bahwa 20 asam amino ini berasimilasi dengan baik oleh tubuh.

Lemak

Lipid merupakan sekitar 14% dari berat badan kita dan merupakan komponen struktural dari membran sel kita . Mereka diatur dalam lapisan ganda, untuk melindungi sel interior dari lingkungan yang mengelilinginya. Bentuk lipid ini mengubah fleksibilitas membran dan mempengaruhi kualitas transmisi pesan antar sel.

Lipid juga ditemukan dalam sistem saraf ; mereka mencapai 60% dari otak. Mereka juga menciptakan selubung di sekitar saraf kita, memungkinkan transmisi informasi lebih cepat.

Akhirnya, lipid yang terkandung dalam jaringan adiposa berperan dalam penyimpanan energi dan regulasi termal .

Lipid dalam spirulina mewakili 2-4% dari total beratnya. Mereka memiliki keseimbangan ideal antara omega-3 dan asam lemak omega-6, yang meningkatkan kesehatan kardiovaskular yang baik .

Spirulina sangat kaya akan asam lemak esensial, dengan kandungan tinggi asam alfa-linolenat (ALA) dan asam gamma-linolenat (GLA), yang berperan dalam sintesis hormon.

GLA hanya dapat ditemukan di borage, evening primrose, dan minyak blackcurrant, dalam ASI, dan spirulina. Asam dihomo-gamma-linolenat (DGLA), khususnya, hanya hadir dalam ASI dan spirulina. Asam lemak ini disediakan oleh diet atau dibentuk oleh tubuh menggunakan omega-6.

Karbohidrat

Karbohidrat mewakili 1,5% dari berat badan kita dan menyediakan pasokan energi langsung dari makanan. Ketika glukosa dikonsumsi, sebagian darinya segera diintegrasikan ke dalam sel kita berkat insulin, sedangkan sisanya disimpan di hati dan otot sebagai glikogen - bentuk cadangan energi yang cepat diakses oleh tubuh.

Sekitar 20% dari spirulina kering terdiri dari karbohidrat, terutama dalam bentuk glikogen dan rhamnose. Glikogen adalah bentuk penyimpanan karbohidrat dalam tubuh yang dapat dengan cepat dimobilisasi . Kedua gula ini hanya memiliki sedikit efek pada kadar gula darah , insulin, dan pankreas.

Vitamin

Vitamin bertanggung jawab untuk metabolisme sel , pengembangan , dan perlindungan . Selain vitamin D, yang disintesis oleh kulit, semua vitamin harus dicerna melalui pola makan kita - tiga belas saat ini diketahui, meskipun peran mereka belum sepenuhnya teridentifikasi. Beberapa vitamin dapat disimpan di jaringan lemak tubuh atau di hati dan otot (vitamin A, B9, B12, D, dan E).

Vitamin yang paling menarik yang ada di Spirulina adalah:

Vitamin A (untuk kulit dan mata):
Dalam bentuk β-karoten, prekursor untuk vitamin A. Karena spirulina mengandung prekursor ini, daripada vitamin itu sendiri, asupan vitamin A seseorang yang sebenarnya akan disesuaikan dengan kebutuhan seseorang - membuat hypervitaminosis (pada tingkat patologis) tidak mungkin, tidak seperti suplemen vitamin lainnya.
Vitamin B1 :
Spirulina adalah sumber terbaik kedua dari vitamin B1 - hanya ragi bir mengandung lebih banyak.

Vitamin B2 :
Spirulina adalah makanan dengan kandungan vitamin B2 terkaya keempat.
Vitamin B12 :
Spirulina mengandung dua bentuk vitamin B12, cobalamin dan pseudo-cobalamin, masing-masing dengan peran khususnya.
Vitamin D :
Spirulina adalah sumber tanaman vitamin D terbesar.

Mineral

Mineral merupakan 6% dari berat badan kita. Mereka ditemukan dalam jumlah sangat besar dalam sistem rangka, dan harus diambil sebagai bagian dari diet seseorang . Mineral paling menarik yang ada dalam spirulina adalah sebagai berikut:

Kalsium:
Spirulina mengandung kalsium sebanyak susu.

Besi:
Spirulina mengandung zat besi yang sangat dapat diasimilasi oleh tubuh.

Magnesium :
Spirulina mengandung kandungan magnesium yang tinggi - 10% lebih dari dark chocolate dengan 70% cacao.

Pigmen

Spirulina adalah sejenis mikroalga biru-hijau yang mengandung sejumlah besar pigmen.

Phycocyanin :
Komponen spirulina yang paling luar biasa , dengan efek anti-inflamasi dan antioksidan serta banyak manfaat lainnya. [3]

Karotenoid :
Keluarga pigmen ini termasuk β-karoten , yang terwakili dengan sangat baik dalam komposisi spirulina - mengandung 20-25x sebanyak β-karoten sebagai wortel.
Klorofil :
Pigmen fotosintesis, yang membentuk 1% spirulina.

Kuantitas dan kualitas komponen spirulina memberikannya profil nutrisi yang sangat menarik dan lengkap - dan menjadikannya suplemen yang cocok bagi siapa saja yang dapat menggunakan peningkatan energi yang terjamin.

Sumber : http://manfaatspirulina.web.id/budidaya-spirulina/

  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Kandungan spirulina
      Komentar(0)