Toni Antonio Health Blog

Jangan menunggu sakit untuk sehat

Mengenal Perbedaan Thalasemia Alfa & Thalasemia Beta

Mengenal Perbedaan Thalasemia Alfa & Thalasemia Beta
Mengenal Perbedaan Thalasemia Alfa & Thalasemia Beta


Mengenal Perbedaan Thalasemia Alfa & Thalasemia Beta - Setelah pada artikel sebelumnya pernah ditulis mengenai : Jenis dan macam-macam penyakit thalasemia.

Pada artikel kali ini, Anda akan mengetahui lebih lengkap apa saja perbedaan antara penyakit thalasemia alfa & thalasemia beta.

Thalassemia adalah kelompok gangguan heterogen yang disebabkan oleh mutasi yang diturunkan yang menurunkan sintesis rantai alfa atau beta globin yang menyebabkan anemia, hipoksia jaringan dan hemolisis sel darah merah terkait dengan ketidakseimbangan dalam sintesis rantai globin.

Ada dua bentuk utama thalassemia yaitu alpha thalassemia dan beta thalassemia. Pada alpha thalassemia, ada penurunan jumlah rantai alpha globin sedangkan pada beta-thalassemia, jumlah rantai beta globin yang turun. Ini adalah perbedaan utama antara talasemia alfa dan beta.

Apa itu thalassemia alpha ?

Pada alpha thalassemia, beberapa gen yang bertanggung jawab untuk pengkodean rantai globin alpha dihapus.

Gen alpha globin umumnya memiliki empat salinan. Tingkat keparahan penyakit tergantung pada jumlah salinan yang hilang.

Hydrops Fetalis

Sintesis rantai alfa globin benar-benar ditekan ketika keempat salinan gen alfa globin hilang. Karena rantai globin alfa diperlukan untuk sintesis hemoglobin janin dan dewasa, kondisi ini tidak kompatibel dengan kehidupan; Oleh karena itu dalam terminasi kehamilan terjadi jika janin dipengaruhi oleh kondisi ini.

Penyakit HbH

Kondisi ini disebabkan oleh tidak adanya tiga salinan gen alpha globin. Hal ini menyebabkan anemia mikrositik hipokromik sedang hingga berat dengan splenomegali .

Sifat-sifat thalassemia alpha

Mengenal Perbedaan Thalasemia Alfa & Thalasemia Beta

Ini disebabkan karena tidak adanya atau tidak aktifnya satu atau dua salinan gen alfa globin. Meskipun sifat thalassemia alfa tidak menyebabkan anemia, mereka dapat menurunkan volume rata-rata sel darah putih dan rata-rata kadar hemoglobin sel darah putih sambil meningkatkan jumlah sel darah merah lebih dari 5,5 * 10 12 / L.

Apa itu thalassemia beta ?

Mengenal Perbedaan Thalasemia Alfa & Thalasemia Beta

Pada thalassemia beta, jumlah rantai globin beta turun.

Beta thalassemia major

Jika kedua orang tua adalah pembawa sifat thalassemia beta, kemungkinan keturunan thalassemia beta turunan adalah 25%.

Pada beta thalassemia mayor, produksi rantai beta globin benar-benar ditekan atau dikurangi secara drastis.

Karena tidak ada rantai globin beta yang cukup untuk mereka gabungkan, kelebihan rantai globin alfa disimpan dalam sel darah merah matang dan tidak matang. Hal ini menyebabkan hemolisis dini sel darah merah dan erythropoiesis yang tidak efektif.

Perubahan fitur wajah disebabkan oleh ekspansi tulang karena hiperplasia sumsum tulang. Rontgen x-ray menunjukkan tampilan tengkorak pada rambut yang biasanya terlihat pada thalassemia beta.

Thalassemia beta trait / minor

Beta thalassemia minor adalah kondisi umum yang sering tanpa gejala. Meskipun tanda dan gejalanya mirip dengan thalassemia alfa, beta thalassemia lebih parah daripada rekannya. Diagnosis beta thalassemia minor dibuat jika tingkat HbA 2 lebih dari 3,5%.

Baca juga : Cara MENGOBATI Penyakit Thalasemia Minor DENGAN CEPAT & MUDAH

Thalassemia intermedia

Thalassemia intermedia merujuk pada kasus thalassemia dengan tingkat keparahan sedang yang tidak memerlukan transfusi reguler.

Apa persamaan antara Thalassemia Alpha dan Beta ?

Pada kedua kondisi tersebut, terjadi penurunan kadar hemoglobin darah.

Ringkasan - Thalassemia Alpha vs Beta

Mengenal Perbedaan Thalasemia Alfa & Thalasemia Beta

Thalassemia adalah kelompok gangguan heterogen yang disebabkan oleh mutasi turunan yang menurunkan sintesis rantai alfa atau beta globin yang menyusun hemoglobin dewasa HbA.

Talasemia dapat dikategorikan secara luas menjadi dua kategori utama sebagai talasemia alfa dan talasemia beta. Pada alpha thalassemia, jumlah rantai alpha menurun, dan pada beta-thalassemia, jumlah rantai beta berkurang. Ini adalah perbedaan utama antara talasemia alfa dan beta.

Sumber : https://www.differencebetween.com/difference-between-alpha-and-vs-beta-thalassemia/

  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Mengenal Perbedaan Thalasemia Alfa & Thalasemia Beta
      Komentar(0)